Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 01 September 2010

Program Inteligent CIA Yang Aneh

Selama bertahun-tahun, Amerika Central Intelligence Agency telah mendapatkan reputasi karena pemerintah yang paling jauh jangkauannya, canggih, dan efektif badan intelijen di planet ini. Pada saat yang sama, CIA juga menjadi terkenal karena paranoia yang luar biasa dan kecenderungan untuk melakukan suautu yang mahal, kadang-kadang ilegal, dan seringkali benar-benar absurd proyek dalam nama mendapatkan keunggulan pada kompetisi. Dari mata-mata kucing untuk hippies psikis, berikut ini adalah sepuluh program mata-mata aneh pemerintah telah diusulkan dan dibiayai selama bertahun-tahun.


10. Acoustic Kitty

Acoustic_Kitty

Kebanyakan orang tidak akan berpikir tentang kucing rumah biasa sebagai master potensi spionase, tapi CIA yakin itu. Pada tahun 1960, intelijen Amerika dikatakan telah menghabiskan lebih dari $ 20 juta pada "Akustik Kitty," sebuah proyek rahasia yang digunakan kucing sebagai perangkat rekaman. Proyek ini mengambil sekelompok kucing khusus terlatih dan pembedahan implan mikrofon, antena dan baterai ke dalam ekor mereka, dan kemudian menetapkan mereka lepas dekat kedutaan Rusia. Idenya adalah bahwa kucing sederhana akan mampu melangkah sampai ke kelompok pejabat komunis dan mendengarkan pembicaraan mereka, yang kemudian bisa berkas kembali ke agen dengan peralatan radio canggih. Rencana itu akhirnya dimasukkan ke dalam tindakan, tetapi kucing pertama yang dikirim ke lapangan diduga ditabrak taksi sebelum bisa membuat rekaman, dan operasi 'Akustik Kitty "ditinggalkan segera setelahnya.


9. Operasi Mockingbird

mockin-bird

Salah satu program berbahaya yang paling ambisius dan benar-benar pernah diluncurkan oleh CIA adalah Operasi Mockingbird, sebuah proyek propaganda yang diterapkan di awal 1950-an. Ini merupakan upaya besar yang melihat sebanyak 3.000 agen CIA dan kolaborator mencoba untuk mendapatkan beberapa kontrol pers bebas oleh kelompok pilih makan reporter informasi dan menggunakan surat kabar di rumah dan di luar negeri untuk menyaring jenis-jenis cerita yang sampai ke publik. Pada puncaknya, program ini termasuk penulis untuk New York Times, Newsweek, dan Time Magazine di antara barisannya, dan dikatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap sebanyak 25 surat kabar utama. Program ini memiliki dampak yang besar di luar negeri, serta, karena melayani fungsi utama dalam membantu untuk mempengaruhi pendapat publik dalam jangka-sampai akhirnya menggulingkan presiden Guatemala kiri. Operasi Mockingbird terus memiliki pengaruh besar pada media di seluruh dunia sepanjang 50s, dan tidak sampai 60s bahwa serangkaian laporan wartawan investigatif membawa program untuk cahaya.

8. Operasi Gold

The tapped telephone wires are presented to the press.Kabel telepon disadap disajikan kepada pers.
 
Salah satu operasi intelijen paling spektakuler dari Perang Dingin Operasi 1953's Gold, yang merupakan usaha bersama antara CIA dan MI6 Inggris untuk kembali ke saluran telepon dari markas Soviet di Berlin Timur. Ini diperlukan pembangunan terowongan panjang 450 meter besar yang akan bersinggungan dengan sambungan telepon bawah tanah. Hanya mempersiapkan terowongan waktu enam bulan, dan melibatkan jumlah yang besar risiko dan akal-akalan. Tapi ketika hal itu dilakukan, CIA melanjutkan untuk berhati-hati merekam percakapan telepon sebanyak 50.000 selama hampir setahun. Masalahnya? Sebuah tahi lalat di Inggris telah memberi informasi intelijen KGB tentang Operasi Gold sebelum terowongan bahkan selesai, dan Soviet telah makan palsu mereka informasi sepanjang waktu. Pada tahun 1956, Soviet menyerbu terowongan dan mematikannya, dan operasi yang akhirnya menimbulkan banyak kontroversi bagi masyarakat intelijen Amerika dan Inggris.

7. Operasi Northwoods

NorthwoodsMemorandum

Pada awal 1960-an, ketika Perang Dingin sedang dalam ayunan penuh dan takut komunisme merajalela, rencana dijuluki Operasi Northwoods diusulkan dalam CIA Amerika. Singkatnya, ini disebut bagi pemerintah untuk melakukan serangkaian aksi kekerasan teroris di kota-kota Amerika Serikat termasuk pemboman, pembajakan, kerusuhan palsu, dan sabotase, semua yang kemudian bisa disalahkan pada Kuba. Ini akan menghidupkan dukungan untuk perang melawan komunis dan mengarah pada sebuah operasi militer akhirnya untuk menghapus Fidel Castro dari kekuasaan. Rencana itu disusun dan ditandatangani oleh Kepala Staf Gabungan dan disajikan kepada Presiden John F. Kennedy, yang secara pribadi menolak itu, dan kemudian ditinggalkan. Selama bertahun-tahun setelah, Operasi Northwoods ada sebagai rumor, tapi akhirnya diturunkan menjadi benar ketika dokumen-dokumen rahasia yang menggambarkan rencana dibuat publik pada tahun 1997 sebagai bagian dari rilis kertas pemerintah yang berhubungan dengan pembunuhan Kennedy.

6. Project Pigeon

PigeonBomber

Salah satu program militer yang paling tampak masuk akal waktu semua terjadi selama Perang Dunia II, ketika perilaku terkenal psikolog BF Skinner telah didaftarkan oleh pemerintah untuk mencoba dan melatih merpati untuk digunakan dalam sistem penuntun rudal. Pada saat itu, Skinner dikenal sebagai salah satu praktisi utama operant conditioning, suatu sistem yang digunakan ganjaran dan hukuman sebagai cara mengontrol perilaku. Dengan ide-ide dalam pikiran, Skinner ditempatkan serangkaian merpati dilatih khusus dalam rudal. Sebuah kamera di bagian depan rudal mencatat jalur penerbangan, yang kemudian diproyeksikan pada layar untuk merpati untuk melihat. Burung-burung itu dilatih untuk mengenali sasaran rudal, dan mereka akan mematuk di layar jika itu hanyut saja. Informasi ini diberi makan dengan kontrol penerbangan senjata, yang kemudian akan berubah untuk mencerminkan koordinat baru. Skinner awalnya diberi $ 25,000 untuk mendapatkan proyek dan berjalan, dan dia benar-benar berhasil membuat beberapa kemajuan kecil dengan itu. Namun para pejabat pemerintah tidak pernah cukup mampu melewati absurditas jelas dari program, dan akhirnya ditutup.
Image credit: http://www.psywarrior.com/

5. Operasi Midnight Climax

cia_lsd

Pada awal 1960-an, budaya remaja Amerika pertama kali mulai bereksperimen dengan obat-obatan halusinasi seperti LSD, dan begitu pula Central Intelligence Agency. Operasi Midnight Climax adalah salah satu yang paling konyol pemerintah dan ilegal upaya untuk menguji kemungkinan menggunakan obat seperti asam dengan pemberian mereka untuk warga tidak menaruh curiga. Program ini kehabisan koleksi safehouses di New York dan California. Pelacur digunakan untuk memikat orang muda untuk rumah-rumah, di mana mereka diberi makanan atau minuman berduri dengan LSD dan obat-obatan lainnya dan ditempatkan dalam ruangan dengan cermin dua arah mana perilaku mereka dapat diamati. Midnight Climax pada dasarnya adalah program percobaan yang dirancang untuk memantau kemungkinan taktis menggunakan obat psikotropika dan pemerasan seksual di lapangan, tapi bahkan dalam Badan itu kontroversial, dan ditutup hanya setelah beberapa tahun. Sebagian besar terkait dengan file operasi rusak, tapi beberapa bertahan, dan di awal 70-an file-file tentang Midnight Climax dan banyak lainnya program ilegal CIA dibawa ke cahaya dalam sebuah cerita terkenal oleh New York Times.

4. The Stargate Project

The $ 20.000.000 Stargate Proyek istilah selimut yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah besar percobaan psikis dan investigasi yang dilakukan oleh pemerintah AS antara 70 dan 90-an. Tujuan terbesar dari Proyek Stargate adalah untuk menyelidiki kemungkinan ilmiah "melihat jauh," yang adalah kemampuan psikis untuk acara saksi jarak jauh. Program, yang juga diteliti kemampuan psikis seperti keluar dari pengalaman tubuh dan clairvoyance, mata pelajaran diuji pada kemampuan mereka untuk meramalkan kejadian masa depan dan membaca dokumen tersembunyi. Proyek Stargate biasanya meminta layanan dari mana saja 3-22 mata pelajaran pada satu waktu, banyak dari mereka berhasil untuk menguji dengan rating akurasi sebesar 15% lebih tinggi dari norma. Namun, meskipun beberapa peserta mengklaim telah benar memprediksi peristiwa dunia besar seperti serangan militer dan situasi sandera, program ini menemukan bahwa pemirsa jauh dan apa yang disebut telepaths masih salah hampir 80 persen dari waktu, dan pada tahun 1995 CIA membatalkan Proyek Stargate untuk selamanya.

3. Operasi Mongoose

castro-480

Di awal 60-an, komunis Kuba menjadi salah satu battlegrounds utama Perang Dingin, dan presidennya Fidel Castro dianggap salah satu tokoh politik yang paling berbahaya di dunia. Setelah upaya awal untuk menggulingkan Castro secara paksa gagal, CIA dilembagakan Operasi musang, yang merupakan rahasia perang propaganda dan sabotase yang dirancang untuk menghapus pemimpin Kuba dari kekuasaan. Operasi musang memiliki cakupan yang sangat luas, dan termasuk rencana serangan palsu di pengasingan Kuba, memberikan senjata kepada kelompok-kelompok oposisi, dan merusak tanaman tebu Kuba. Hal ini juga termasuk beberapa upaya baik membunuh atau mendiskreditkan Castro di pers, masing-masing yang lebih rumit dan konyol daripada berikutnya. Badan dipertimbangkan, antara lain, pasokan pribadi Castro keracunan tentang cerutu, penanaman bahan peledak menyamar sebagai kerang di tempat favoritnya berenang, dan menyuntik dia dengan suatu bahan kimia mematikan dari jarum suntik yang menyamar sebagai pena. Bahkan lebih aneh adalah rencana untuk mendiskreditkan Castro di mata publik, yang mencakup proposal untuk semprot sebuah studio TV dengan halusinogen sebelum salah satu pidato televisi pemimpin, dan bahkan penanaman bahan kimia dalam pakaian yang akan menyebabkan janggut yang terkenal rontok . Bencana-dekat dari Krisis Rudal Kuba menempatkan Operasi musang ditahan, dan mengikuti kesepakatan antara Kennedy dan Soviet, lebih atau kurang ditinggalkan.

2. Project MKULTRA

Salah satu program pemerintah yang paling benar-benar menyeramkan dan makanan untuk teori konspirasi yang tak terhitung jumlahnya, Proyek MKULTRA adalah program CIA menyapu dan rahasia dimulai pada awal 1950-an yang termasuk eksperimen dalam "interogasi kimia" dan mengendalikan pikiran. Singkatnya, MKULTRA adalah rencana yang berusaha untuk menggunakan obat-obatan, stres psikologis, dan metode interogasi aneh untuk mendapatkan informasi, perilaku kontrol, dan bahkan mengubah fungsi otak. Untuk hari ini, banyak informasi tentang proyek, tetap diklasifikasikan, tetapi apa yang kita tahu adalah bahwa program ini melibatkan pengujian dan interogasi dari swasta warga-seringkali tanpa sepengetahuan atau persetujuan-dalam pelayanan menemukan apakah atau tidak obat-obatan tertentu bisa digunakan sebagai serum kebenaran. Ini termasuk pemberian subjek dosis besar LSD, amfetamin, dan meskalin, serta shock therapy. Dalam satu kasus, subyek yang seharusnya tertutup dengan asam selama 77 hari berturut-turut dalam upaya untuk menguji efek paparan jangka panjang terhadap obat tersebut. Teori persekongkolan abound tentang tujuan sebenarnya dari proyek tersebut, dengan mengatakan ini adalah program untuk insinyur pembunuh zombie melalui mengendalikan pikiran dan cuci otak. Beberapa informasi tentang MKULTRA akhirnya dibawa ke cahaya di awal tahun tujuh puluhan, ketika berita laporan tentang penyalahgunaan kekuasaan CIA menyebabkan sebuah komisi Kongres. Proyek ini kemudian ditutup, tetapi banyak orang mengklaim bahwa program serupa CIA masih ada sampai hari ini.

1.Invasi Teluk Babi

Bay_of_pigs

Untuk absurditas belaka, wastefulness, dan penghujatan, CIA beberapa proyek dibandingkan dengan 1961 yang gagal Invasi Teluk Babi. Program ini adalah salah satu upaya pertama dan paling berani untuk menggulingkan pemimpin komunis Kuba Fidel Castro, tapi itu juga yang paling malapetaka tidak berhasil. Ini dimulai pada tahun 1960, ketika CIA, di bawah otorisasi dari Presiden, mulai merencanakan berusaha menggulingkan pemerintah Kuba. Untuk menghilangkan link ke Amerika Serikat, serangan itu akan dilakukan oleh pasukan khusus orang-orang buangan Kuba dilatih oleh CIA. Setelah serangkaian serangan udara pengalih perhatian, pada tanggal 17 April, 1961 sekelompok pasukan amfibi angkutan mendarat di sebuah pantai di Teluk Babi dan mulai bongkar muat kargo mereka dari 1.300 gerilyawan pengasingan. Rencananya adalah bagi mereka untuk bertemu dengan band yang lebih kecil dari pasukan payung untuk dibuang segera setelah kedatangan mereka, tetapi dari rencana awal mereka tragis mistimed. For starters, kecerdasan Kuba telah menyadari invasi yang direncanakan, dan ini berarti bahwa ketika pasukan pengasingan mendarat mereka segera diserang. Untuk menambah masalah gaya itu, cuaca buruk, terumbu karang, dan rawa Kuba cepat mengklaim sebagian besar peralatan mereka. Semua mengatakan, diperkirakan 2.000 warga Kuba yang meninggal selama invasi, sedangkan lebih dari 100 anggota tentara pengasingan tewas dalam aksi. Yang tersisa 1.200 ditangkap dan dipenjarakan, dan beberapa kemudian dieksekusi atas perintah Castro. Lebih dari satu tahun kemudian, sisanya dibebaskan dengan imbalan sebesar $ 53 juta pada makanan dan obat-obatan untuk rakyat Kuba. Dampak dari Teluk Babi jauh jangkauannya. Beberapa pejabat Amerika mengundurkan diri atas keterlibatan mereka di dalamnya, dan banyak yang dikreditkan dengan meningkatkan tekad pemerintah Kuba dan mendorong ketidakpercayaan parah kebijakan luar negeri Amerika di tahun-tahun berikutnya.... 

source: http://www.toptenz.net/top-10-weirdest-cia-programs.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar